Jumat, 18 Juli 2014

Artikel Bupati Cirebon Surya Adi Ningrat pada tahun 1909

Catatan di bawah ini adalah sebuah artikel yang dimuat di Jurnal untuk Pegawai Negeri Sipil pada masa kolonial Belanda tanggal 1 Januari 1909 yang dibuat oleh Bupati Cirebon pada saat itu yakni, S.S. Surya Adi Ningrat. Dalam tulisan tersebut, Bupati Surya Adi Ningrat memberikan kritikan sekaligus masukan untuk pemerintahan tentang penanganan perkara-perkara sipil seperti tentang aturan pemilihan kepala desa dan kepolisian.
Yang menarik dari artikel Bupati Surya Adi Ningrat tersebut adalah pernyataan bahwa praktik politik uang (money politics) sudah marak terjadi di Nusantara dan khususnya di wilayah Karesidenan Cirebon, bahkan dalam pemilihan kepala desa. Pada awalnya jabatan pangreh praja itu sifatnya turun-temurun kepada putra pejabat. Kemudian keluar aturan yang memberlakukan bahwa siapa saja berhak untuk menduduki jabatan pemerintahan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Bupati menyarankan agar pemilihan kepala desa diambil dari aparat desa, dengan demikian calon kepala desa adalah orang yang sudah dikenal dan mengerti tugas pemerintahan desa. Diharapkan pula dengan pola rekruetment melalui aparat yang sudah biasa bekerja di pemerintahan desa, sistem politik uang dalam pemilihan kepala desa dapat dikurangi, karena untuk menghapus sama sekali politik uang itu sangat sulit.

                                                                Logo Bupati Cirebon



Untuk lebih jelasnya, dapat dibaca artikel di bawah ini yang ditulis oleh Bupati Surya Adi Ningrat tersebut pada tahun 1909;


HAL PILIHAN KEPALA DESA DAN REORGANISATIE POLITIE.

Di dalem soerat kabar Locomotief saja batja karangannja Toean H. tjeritaken dari hal pilihan kepala desa. Di mana pengabisannja itoe karangan terseboet jang Kandjeng Toean Hasselman poenja timbangan baiklah djikaloe pilih kepala desa misti pilih antaranja prabot2 desa.
Di atas ini timbangan saja rempoeg sekali, malah koetika ada pertanjaan hal reorganisatie politie dari Kandjeng Toean Mr. Boekhoudt dalem taoen 1906, saja soedah njataken hal itoe pilihan kepala desa di dalem saja poenja nota jang di hatoerken kapada Kandjeng Toean Assistent-Resident Tjirebon. Boeat djadi trangnja sekalian ini saja njataken salinannja itoe nota.
Adapoen apa sebabnja saja rempoeg boeat pilih kepala desa melainken antara prabot2 desa, dari kerna kepala district dan Toean2 Controleur jang sedikit lama tinggal di dalem satoe Controle afdeeling jang sring ronda di desa2 kabanjakan bisa taoe satoe2 nja prabot desa. Maka itoe di waktoe pilihan kapala desa Commissie bisa toelateni apa jang di pilih itoe orang baik lakoe lampahnja dan mengarti di atas pakerdjaan nja itoe pangkat.
Tentoe perkara bli swara boeat pilih dengen ini atoeran tida sama sekali bisa tjegah, aken tetapi sekadarnja Commissie bisa tjegah djangan sampe ada orang jang sama sekali tida mengarti pakerdjaan atawa males atawa koerang baik kalakoeannja bisa terpilih djadi kepala desa. Kaadaannja sekarang Commissie sama sekali tita bisa taoe dari kaadaannja orang jang di pilih itoe.
Dari hal pilihan kepala desa sekarang soedah di robah dengen Staatsblad 1907 No. 212, aken tetapi itoe robahan tida tjoekoep boeat membaiken itoe atoeran. Maka dari itoe saja harep sekali nanti itoe atoeran pilihan kepala desa di robah sebegimana jang saja soedah trangken dalem nota hal reorganisatie politie.
Lain dari itoe saja soedah batja djoega dalem soerat2 kabar voorstelnja Kangdjeng Toean Mr. Boekhoudt, boeat tambah kasantosaan nja politie, aken tetapi sajang sekali dalem itoe voorstel hal priksaan perkara politie (voorloopig onderzoek) roepanja masih di tetepken sabegimana biasa, jaitoe misti di bikin oleh kepala2 district.
Halnja saja poenja pendapetan di district jang banjak perkara politie dan bestuur, kepala2 district tida tjoekoep temponja boeat bikin voorloopig onderzoek perkara politie dengen titi sebegimana misti. Boeat bisa dapet papriksaan jang rapih misti ada prijaji jang boeboehan nja pakerdjahan tida lain melainken priksa dan bikin proces-verbaal dari itoe perkara2. Tentoe sekali Toean2 ambtenaar dan kantja2 Boepati jang soedah taoe hal priksa perkara politie, soedah mengatahoei boeat dapet, katrangan jang tetep dari satoe2 nja saksi atawa sakitan ambil tempo banjak sekali. Kadang2 satoe saksi misti di priksa sampe doea hari boeat bisa dapet kanjataan katahoeannja itoe saksi.
Doeloe hal voorloopig onderzoek perkara politie di berboeat oleh Hoofddjaksa atawa Djaksa, kepala district melainken bikin sroepa rapport dengen pendek dari kataoean nja saksi2, aken tetapi di karesidenan Tjirebon soedah bebrapa taoen ini jang bikin voorloopig onderzoek jaitoe kepala2 district, maka pada ini waktoe boeat kapala2 district dalem saja poenja Kaboepaten tambah brat lantaran sekarang selainnja dari madjoenja perkara politie, tambah banjak pakerdjahan bestuur.
Lain dari itoe dalem itoe nota saja oendjoeken djoega dari hal pendjagaan orang2 djahat di dalem desa2. Di Kaboepaten Tjirebon itoe orang2 loembrahnja di seboet koenang2 atawa badjingan. Inilah orang2 jang sanget mengganggoe pada kasenengannja orang baik2 dalem desa2. Itoe atoeran koetika saja masih djadi Boepati di Madjalengka saja djalanken, aken tetapi sasoedahnja saja pindah di Tjirebon dan lantaran planggaran itoe atoeran di larang tida boleh di tarik di moeka Raad Kaboepaten, maka saja brentiken. Koetika masih ada itoe atoeran sakadarnja boeat orang desa mendjadiken tengtrem sebah itoe pendjahat sedikit di bikin soesah lakoenja. Lebih trangnja hal itoe atoeran terseboet dalem rapport Welvaart Commissie hal recht dan politie katja 4.
Maksoednja saja poenja karangan jang terseboet di atas tiada lain melainken boeat oendjoeken saja poenja ingetan dan pendapetan boeat tjari daja oepaja aken menambahken ka trengtreman dan karahardjan negri, soekoer sekali djikaloe ada lain orang jang taoe lebih baik di atas ini hal.
                                                                               
                                                                                                        S. S. Soerja Adi Ningrat.
                                                                                                               Boepati Tjirebon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar