Sabtu, 19 Juli 2014

Makalah Bupati Cirebon tentang Polisi Pamong Praja dan Desa pada tahun 1906

Kantor Polisi Cirebon, 1910



SALINAN

NOTA  timbangan aken memadjoeken kasantosaannja pendjagaan politie di dalem Kaboepaten Tjirebon, mitoeroet dawoeh dalem soerat apostilnja Kangdjeng Toean Assistent-Resident Tjirebon tanggal 20 Juli 1906 No. 6565/34 di atas soeratnja Kangdjeng Toean Ambtenaar in Commissie Mr. Boekhoudt tanggal 16 Juli 1906 No. 6.

Dengen segala hormat,
Saja hatoer bertaoe mitoeroet soeratnja Kangdjeng Toean Mr. Boekhoudt jang terseboet di atas alinea pengabisan terseboet djoega kita orang kaidinan aken oendjoek voorstellan jang bergoena boeat membaiken kasantosaan negri. Maka dari pada itoe di bawah ini saja oendjoek voorstellan jang bermaksoed sabegimana terseboet dalem itoe soerat, moedah moedahan bisa katimbang aken menambahi tjari daja oepaja boeat djadi kasantosaan negri. Bermoela saja perloe hatoer bertaoe dari hal kaadaannja pendjagaan perkara politie pada ini waktoe, saja poenja pendapetan koerang baik, dan tida bisa madjoe, jaitoe jang djadi sebab saja trangken di bawah ini:

A.1. Lantaran samingkin taoen di tanah Djawa samingkin tambah menarabah djiwanja orang priboemi dan orang bangsa asing, dan samingkin madjoe dari masing2 bangsa poenja kapinteran, tida sadja di dalem perkara kabaikan, aken tetapi djoega di dalem perkara kadjahatan, maka dari itoe maoe tida maoe mendjadi tambah menambah banjaknja segala perkara2 politie dan lain2 perkara.
  2. Dari lantaran jang terseboet di atas ini, maka boeat kita orang prijai bestuur (politie) tambah menambah banjaknja pakerdjaan dari kerna madjoenja segala perkara2; apa lagi penggawe politie samingkin di koerangi.
  3. Di dalem pakerdjaan kapolitiean dan bestuur sabetoelnja jang djadi patokan jaitoe koewoe dan prabot desa (dessabestuur). Saja poenja pendapetan ampir segala roepa pakerdjaan negri pokonja misti dapet katrangan dari koewoe dan prabot desa, aken tetapi sabegimana kaadaannja sekarang, kabanjakan itoe koewoe dan prabot desa teritoeng tida boleh di pertjaja di dalem kawadjibannja, jang mana lantaran ini mendjadiken tambah brat tanggoengannja para prijai.
Boleh djadi djikaloe kita orang bikin statistiek bandingan perkara politie boeat 4—5 taoen jang soedah, tida banjak bedanja, kendatipon begitoe saja poenja timbangan itoe blom boleh di anggep jang perkara politie tida tambah banjaknja; sebab lantaran koerang penggawe politie dan koewoe dengen prabot desa koerang boleh di pertjajanja maka banjak perkara politie jang tida ketaoean.
Maka dari pada itoe di bawah ini saja aken tjoba ngatoeri timbangan boeat sakadarnja memadjoeken kasantosaannja pendjagaan perkara politie.

B. Perloe sekali di masing2 district jang brat pendjagaannja perkara politie, saperti dalem ini Kaboepaten, di district2.
            Kota Tjirebon,
            Sindanglaoet,
            Losari,
            Ploembon,
            Palimanan,
            Gegesiklor,
di paringi tambah prijaji jang di bantoeken pada kepala district, aken meloeloe di boeboehken dan di kwasaken memriksa dan membikin papriksaannja, sekalian menoeroet segala katrangan dalem perkara2 politie bagian Landraad boeat sa-antero district.
Maksoednja ini, soepaja perkara bagian Landraad bisa di priksa dengen titi dan soepaja kapala2 district dan onderdistrict ada tempo boeat noelateni djalanja politie2 dalem masing2 dia poenja wengkon.
Itoe prijaji tambahan ada di bawah prentahnja dan bekerdja di dalem kantoornja kapala district; segala perkara politie, tetep tinggal tanggoengannja kepala district dan onderdistrict.
Pakerdjaannja itoe prijaji tambahan jang perloe:
1. Priksa dan daftarken segala perkara bagian Landraad di dalem itoe district;
2. djikaloe perkara dari bagian onderdistrict itoe prijaji misti dateng priksa di itoe onderdistrict;
3. djikaloe perloe, misti dateng di desa boeat menoentoet katrangan dan tjotjogken doedoeknja katjoerian dan bikin gambarnja tempat jang katjoerian;
4. sasoedahnja rampoeng itoe papriksaan lantas di kirim kapada kapala district aken di troesken ka negri di djalanken sabagimana biasa;
5. itoe prijaji di wadjibken tjari katrangan di atas segala perkara kadjahatan dan planggaran, troes di rapportken kapada kapala district.
Saja poenja ingetan itoe prijaji tambahan baik di paringi pangkat Hoofd Mantri politie, dan dari kerna itoe prijaji ada tanggoengannja dalem dia poenja pangkat dan misti pigian, pantes di paringi gadjih saboelan f 100.— dan wang djalan f 20.—
Satoe djoeroetoelis gadjih f 25. —
1. bereden oppasser dan 1 oppas politie.

C. Djikaloe di masing2 itoe district soedah ada Hoofd Mantri politie tentoe kapala district dan onderdistrict koerang pakerdjaan toelisan, aken tetapi tentoe blom tjoekoep temponja boeat bisa noelateni politie2 desa. Halnja perloe sekali politie2 desa di toelateni dengen kras dan perloe ada soeroean boeat tjari katrangan dalem perkara politie, maka dari itoe kapala district dan onderdistrict perloe masing2 di paringi 4 oppas politie jang pakerdjaannja meloeloe boeat awasken perkara politie.

D. District2 Beber dan Madirantjan boleh tetep sabegimana kaadaannja sekarang, melainken patroli2 jang ada di dalem itoe 2 district misti di tjaboet di ganti oleh oppas politie, sebab, oppas politie lebih koewat dari patroli lantaran oppas politie lebih di takoeti.

E. Djikaloe di dalem district2 soedah di adaken Hoofd Mantri politie, sabegimana jang di oendjoek di atas saja poenja timbangan pangkat Hoofd-djaksa boleh di tjaboet dan di negri tjoekoep pake satoe Djaksa dan Adjunct Djaksa. Pangkat Hoofd-djaksa boleh di tjaboet dari kerna boleh di harep djikaloe soedah ada Hoofd Mantri politie jang meloeloe mengoeroes papriksaan perkara Landraad, itoe papriksaan soedah tjoekoep, tida perloe di priksa lagi oleh Hoofddjaksa.
Djoega mantri2 politie dalem district2 :
              Tjirebon,
              Sindanglaoet,
              Losari,
              Palimanan ,
              Gegesiklor dan
patroli2 di dalem ini Kaboepaten boleh di tjaboet

F. Djikaloe saja poenja peroendjoekan di atas ini, di trima, djadi di dalem Kaboepaten Tjirebon tambah prijaji dan penggawe politie:

6  Hoofd Mantri                                                                                        @ f 120, — saboelan f 720.—
6  Djoeroetoelis                                                                                         @ f  25, — saboelan f 150.—
6  Bereden politie oppasser                                                                        @ f  20, — saboelan f 120.—
6   Oppas politie                                                                                        @ f  12, — saboelan f   72.—
76 Oppas politie boeat tambahan dalem 19 district                                      @ f  12, — saboelan f 912.—
4   Oppas politie boeat di dalem district Beber dan Mandirantjan                   @ f 12, — saboelan f  48.—
1   Adjunct Djaksa                                                                                    @ f 120, — saboelan f  120.—
                                                                                                                           ____________
Djoemblah saboelan                                                                                                   f  2142 —
Djadi satoe taoen f 25,704. —

G. Lantaran di tambah prijaji jang terseboet di atas (Letter F), maka boleh di koerangken prijaji dan penggawe politie:

1 Hoofd-djaksa                                                                      saboelan                                   ƒ 310.—
6 Mantri politie                                          @ f 50,—              saboelan                                    f 300.—
8 Bereden politie oppasser                        @ f 20,—             saboelan                                     f 160.—
4 Oppas politie                                         @ f 12,—             saboelan                                       f 48.—
118 Patroli                                                @ f 10,—             saboelan                                    f 1180.—
                                                                    Djoemblah saboelan. . . . f 1998.—
djadi satoe taoen f 23,976.—

Dari hal patroli saja itoeng 118 orang, jaitoe sebab bermoela koetika taoen 1899 di tetepken dalem Kaboepaten Tjirebon ada 118, tapi adanja sekarang tinggal 60.
Meliat saja poenja beritoengan jang terseboet di atas boeat tambah kasantosaanja negri tjoemah perloe tambah onkost: f 25704,— f 23976,— f 1728 dalem satoe taoen; dari itoe boeat saja poenja timbangan tida djadi halangan.

H. Lain dari pada jang saja oendjoeken di atas, perloe djoega saja hatoerken katrangan saperti di bawah ini:
Di atas ini dalem bagian letter A. bab ka 3 saja soedah njataken jang djadi lantaran pendjagaan perkara politie moendoer, jaitoe dari sebab kaadaannja koewoe dan prabot desa boleh di bilang tida boleh di pertjaja.
Sekalian Toean2 ambtenaar bestuur dengen prijaji2 mengatahoei jang segala pakerdjaan negri bagian bestuur atawa politie sabetoel betoelnja jang djadi patokan dan jang djadi kakoewatan jaitoe koewoe dan prabot desa.
Saja poenja pendapetan di dalem desa2 jang koewoe dengen prabot desanja kabetoelan dapet orang2 jang mengarti dan baik kalakoeannja, dengen setia, senadjan desa jang besar dan rame kliatan itoe desa ma’moer dan tengtrem.
Di dalem ini Kaboepaten tida banjak koewoe dan prabot desa jang boleh di oendjoek saperti di atas ini, kebanjakan koewoe2 jang baroe 3— 4 taoen soedah perloe misti di arrest atawa di lepas dari sebab tledornja, di atas pakerdjaan politie atawa di atas lain2 kawadjibannja.
Saja poenja timbangan ini kaadaannja koewoe dan prabot desa, tida bisa djadi baik, selamanja atoeran mengangkat djadi koewoe dan prabot desa (Staatsblad 1878 No. 47 dan Res. besluit tt. 10 December 1891 No. 7942/21 § 2), tida di robah 1).
Menoeroet itoe Staatsblad aken mendjadiken koewoe misti di pilih oleh orang banjak dan di tetepken oleh Padoeka Kangdjeng Toean Resident, djikaloe itoe candidaat tida ada katjelaannja sabegimana jang soedah di tentoeken dalem itoe Staatsblad fatsal 6 Letter b. dan c.
Boektinja sekarang, jang soedah djadi kaloembrahan orang ketjil sama sekali tida perdoeli siapa jang bakal djadi koewoe, asal sadja itoe candidaat2 banjak kloewarken wang boeat kasi makan sama dia orang atawa percent oewang di waktoe sablomnja hari pilihan, senadjan itoe candidaat orang bodo sekali atawa klakoeannja koerang loeloes, di hari pilihan tentoe itoe candidaat di pilih boeat djadi koewoe. Candidaat jang begini matjemnja soedah tentoe nanti kaloe soedah djadi koewoe lantas bikin koesoet dalem desanja, jang mana mendjadiken tambah brat tanggoengannja kepala district.
Maka dari pada itoe saja poenja ingetan, baiklah itoe Staatsblad sedikit di robah aken mendjaga djangan sampe orang ketjil pilih boeat dia poenja koewoe sembarang orang sadja.
Djoega soepaja bisa dapet prabot desa jang baik perloe § 2 dari Residents besluit tt. 10 December 1891 No. 7942/21 di robah.
Saja poenja rasa perloe fatsal 1 dari itoe Staatsblad di robah dan di tentoeken: “djikaloe ada koewoe brenti dari pakerdjaannja orang ketjil misti pilih salah satoenja prabot desa boeat ganti djadi koewoe dalem itoe desa, djikaloe dalem itoe desa ada 6 atawa lebih prabot desa; aken tetapi dalem desa jang prabot desanja koerang dari 6 boleh pilih lain orang".
Fatsal 6 dari itoe Staatsblad Letter O perloe seboetan “hoekoeman toetoep" (gevangenisstraf) di boewang, dari sebab sering2 kedjadian orang jang dapet kasalahan planggaran jang enteng sekali atawa sebab tida bisa bajar denda mendjalanken hoekoeman toetoep, di blakang kali tida bisa djadi koewoe.
Dan § 2 dari Residents besluit jang terseboet di atas perloe di tambah katentoean: „tida boleh di djadiken prabot desa, orang2 jang:
a. “minoem madat, koerang baik klakoeannja, dan orang tjalaina;
b. soedah taoe dapet hoekoeman krakal atawa dapet hoekoeman jang lebih berat itoe, sebab kedjahatan."
Djikaloe hal pilihan koewoe bisa di robah di atoer saperti jang saja oendjoeken di atas ini, saja poenja timbangan banjak pengharepan bisa dapet koewoe jang soedah biasa mendjalanken paprentahan negri dan taoe kawadjibannja pangkat koewoe atawa prabot desa, dan sakadarnja bestuur bisa toelateni kaadaannja prabot2 desa soepaja dapet orang jang tjakep.

I. Lain dari pada itoe di onderdistrict kota Tjeribon banjak koewoe2 dan prabot desa jang tida tjoekoep pengasilannja. Boeat djadi trang sekalian ini saja hatoerken satoe pertelaan menjataken desa2 jang koewoe dan prabot desa tida tjoekoep pengasilannja.
Salainnja mitoeroet itoe itoengan, halnja tambah soesahnja itoe koewoe2 dan prabot desa boeat tariknja itoe oewang dari orang ketjil.
Lantaran itoe maka dalem desa2 jang terseboet, soesah dapet orang jang pantes boeat djadi koewoe atawa prabot desa.
Maka dari itoe saja poenja permoehoenan baiklah djikaloe itoe koewoe2 dan prabot2 desa di paringi toelage dari oewang politie, di anggep saperti ini orang2 djadi spion atawa penggawe politie.

J. Orang baik2 di dalem desa2 merasa koerang senang sekali djikaloe di desanja ada orang jang soedah terkoenang koenang djahat, jaitoe orang jang soedah taoe dapet hoekoeman. Ini orang2 (koenang2 ) teritoeng mengganggoe sekali pada kasenengannja orang jang baik2, sebab kebanjakan penghidoepannja orang jang terkoenang koenang itoe, tida lain dari mentjoeri, tida di dalem desanja sadja, tetapi di lain2 desa djoega.
Itoe klakoean mentjoeri pada dia orang (koenang2 ) roepanja japerti di bikin satoe penggaotan, sebab antaranja itoe orang2 jang soedah terkoenang koenang banjak jang lebih dari 10 kali dapet hoekoeman sebab mentjoeri. Maka boeat djadi katengtremannja dalem desa dan menambah kasenengannja orang ketjil baik itoe orang2 jang soedah terkoenang koenang di bikin soesah lakoenja dalem desa2, jaitoe: misti ada atoeran jang sah, soepaja orang2 jang soedah terkoenang koenang kedjahatannja tida boleh kloewar dari desanja djikaloe tida dapet soerat katrangan dari kepala desanja. Nama2 nja semoea orang jang soedah termasoek koenang2 misti di masoeken dalem register koenang2 jang ada di dalem desa.
Semoea orang jang soedah taoe dapet hoekoeman sebab kadjahatan misti di masoeken dalem golongan orang koenang2 .
Itoe orang koenang2 di dalem desanja selaloe misti di awasken oleh politie. Orang koenang2 boleh di kloewarken namanja dari register, djikaloe koewoe dan prabot desa menerangken jang klakoeannja itoe orang soedah tida djahat.
Di atas ini saja trangken hal itoe koenang2 dengen pendek dan jang perloe sadja, niatnja soepaja kaoeningan kasoesahannja orang ketjil dalem desanja hal perkara politie.
Djikaloe bisa di atoer sa antero poelo Djawa hal ini koenang2 tentoe sekali djadi nambah kasenengannja orang ketjil.
Maka lain dari pada itoe saja soemanggaken sabegimana timbangan para pembesar.

                  Boepati Tjirebon, (w.g.) S. S. Soerja Adi Ningrat.

Tjirebon, 17 Agustus 1906

1) Makalah ini telah ditulis pada tahun 1906, jadi sebelum itu Stbl. 1907 no. 212 keluar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar